Sambutan Dekan

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

Assalamu’alaikum wr. wb.

Puji dan Syukur kepada Allah SWT kami panjatkan karena atas limpahan nikmat dan rahmat-Nya. Website ini akan menjadi garda terdepan mengenalkan seluruh aktivitas dan kegiatan Tridharma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana. Selain itu website ini merupakan sarana silaturarrahim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana, untuk menerima kunjungan berbagai pihak; Mahasiswa, Wali Mahasiswa, para Civitas Akademika, Alumni, Stakeholders dan juga Masyarakat umum. Informasi yang tersedia dalam website terkait informasi dan profil Fakultas Ekonomi dan Bisnis, struktur organisasi, profil program studi, pelayanan akademik dan administrasi.

Fakultas Ekonomi   Universitas Mercu Buana, didirikan pada tahun 1985, dengan Surat Keputusan Kopertis Wilayah III dengan nomor  15/Kop.III/S.VI/1985 perihal  ijin pendirian dan Operasional dengan memiliki Program Studi S1 Akuntansi dan S1 Manajemen. Seiring dengan perkembangan pembangunan dan pertumbuhan industri yang cepat, maka pasar kerja membutuhkan tenaga trampil yang siap pakai, pada tahun 1989 Fakultas Ekonomi membuka Program Studi Diploma III yaitu Diploma III Manajemen Perusahaan,sesuai SK Kopertis Wilayah III bernomor 017/Kop.III/NI.4.II/I/1989,  kemudian pada tahun  2003 membuka Program Studi Diploma III Akuntansi sesaui SK Kopertis Wilayah III  bernonor 2293/D/T/2003. Perkembangan  Ilmu pengetahuan dan Teknologi yang berdampak pada perubahan Dunia Bisnis yang begitu pesat, untuk dapat mengikuti perkembangan tersebut Rektor Universitas Mercu Buana memandang perlu untuk melakukan perubahan nama dari Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis  sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Nomor : 01/266/A-SKEP/IV/2011.

Dalam perjalanannya Fakultas Ekonomi dan Bisnis berkembang begitu cepat, dan Program Studi yang ada dalam lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis semakin diminati oleh para lulusan Sekolah Menengah Umum maupun Sekolah Menengah Kejuruan baik dalam wilayah regional yaitu Jakarta dan Sekitarnya serta Nasional. Untuk mewujudkan Fakultas yang Unggul, Terkemuka maka Pendidikan dan Kompetensi Dosen terus ditingkatkan dengan melakukan kerjasama dengan lembaga Sertifikasi Nasional dan Internasional. Untuk menghasilkan lulusan yang Profesional dan dapat bersaing dalam persaingan global, kualitas dan kompetensi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dilengkapi dengan membuka kerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi yang telah mendapatkan izin dan akreditasi dari BNSP dan Lembaga Sertifikasi Internasional. Seiring dengan berjalannya waktu dengan peningkatan kualitas dosen dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi , tenaga kependidikan yang profesional dan proses dan sarana prasarana pembelajaran yang berkualitas, seluruh Program Studi Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis  yaitu  S1 Manajemen, S1 Akuntansi, D3 Manajemen dan D3 Akuntansi mendapatkan peringkat akreditasi “A”. Keberhasilan ini berkat kerja keras seluruh civitas akademika dengan konsisten menjalankan tugas serta tanggung jawabnya dengan baik, profesional dan dengan penuh loyalitas  bekerja sama menghadapi berbagai kendala sehingga mendapatkan hasil yang membanggakan.

Dalam rangka menyongsong era industry 4.0 dan mewujudkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang berstandar Internasional. Pada tahun akademik 2018/2019, Fakultas Ekonomi dan Bisnis menapak maju dengan mengajukan akreditasi internasional untuk 2 (dua) Program Studi yaitu: S1 Manajemen dan S1 Akuntansi. Semoga seluruh upaya yang telah dilakukan, merupakan perwujudan dari tanggungjawab Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia rakyat Indonesia.

Wasalammualaikum wr.wb.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Dr. Harnovinsah, Ak., M.Si., CA