Deskripsi Program Studi

Deskripsi Program Studi Diploma Akuntansi

“Menjadi Program Studi Diploma Akuntansi Yang Menghasilkan Tenaga Ahli Madya Unggul Dan Terkemuka di Indonesia Dibidang Akuntansi Keuangan, dan Akuntansi Perpajakan Berbasis Kewirausahaan Yang Memenuhi Kebutuhan Industri dan Masyarakat yang berwawasan Global Pada Tahun 2024”.

program studi Diploma Akuntansi menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keunggulan di bidang Akuntansi Keuangan, dan Akuntansi Perpajakan berbasis Kewirausahaan. Hal ini ditunjukan dengan tersedianya kurikulum program Studi Diploma Akuntansi, dengan kelengkapan infrastruktur, pelayanan dan pengelolaan keuangan.

Tujuan Program Studi Diploma Akuntansi dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Menjadi pusat pendidikan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat industri, dengan menghasilkan tenaga ahli madya professional di bidang Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Perpajakan yang berwawasan global serta berjiwa wirausaha didukung dengan penguasaan teknologi informasi, beretika.
  2. Menghasilkan lulusan yang menguasai persoalan yang terkait dengan akuntansi keuangan dan akuntansi perpajakan dengan cara:
  3. Membekali pengetahuan dan keterampilan teknis dalam pengelolaan akuntansi keuangan dan akuntansi perpajakan. (45% matakuliah menyangkut pengetahuan akuntansi keuangan dan akuntansi perpajakaan, 55% keterampilan pengelolaan dan pemecahaan masalah praktis).
  4. Membekali lulusan dengan pengetahuan manajemen pengelolaan sumberdaya, dan kemampuan untuk berkomunikasi dalam satu tim kerja.
  5. Turut serta aktif dalam menyelesaikan persoalan-persoalan masyarakat sekitar dengan menerapkan program-program yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat dalam rangka membangun integritas maupun kepekaan sosial para lulusan yang dihasilkan.

Menyelenggarakan kegiatan yang mampu mendukung untuk mensukseskan programprogram pemerintah yang telah dicanangkan baik dalam bentuk jangka pendek (memberikan pelatihan akuntansi dan pajak bagi UMKM disekitar kampus, jangka menengah (sosialisasi program pemerintah terkait peraturan perpajakkan) ataupun jangka panjang (sosialisasi penggunaan teknologi computer serta perubahan peraturan perpajakkan yang terkait penggunaan aplikasi computer dalam penerapan kebijakan pajak pemerintah ).